728x90_bali_bahasa indonesia
Home Pusat Oleh-oleh Bali Kacang Rahayu

Kacang Rahayu

4.8/5 rating (4 votes)

Kacang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis makanan ringan, cemilan ini sering dibawa-bawa kalau sedang bepergian. Namun terkadang, beberapa orang akan sedikit merasa ketakutan bila akan memakan cemilan yang satu ini, terutama para wanita. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, terlalu banyak memakan kacang akan menimbulkan jerawat. Namun hingga saat ini belum ditemukan teori pasti yang dapat membuktikan hal tersebut. Namun ada beberapa orang yang membenarkannya, apalagi mereka yang habis makan kacang, selang beberapa hari langsung memiliki jerawat. Tapi ada juga yang berpendapat, semua tergantung dari cara pengolahan kacang tersebut sebelum dimakan. Selain itu, masih banyak hal lain yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Terlepas dari masalah kacang menimbulkan jerawat atau tidak, ada sebuah jenis kacang yang sudah menjadi oleh-oleh khas Bali (bisa juga disebut sebagai merk dagang). Kacang ini cukup diminati oleh para wisatawan, selain sudah menjadi produk lama yang masih bertahan hingga sekarang. Kacang Rahayu juga dikenal dengan cita rasanya yang asin (sesuai dengan titlenya), gurih dan juga renyah. Biasanya kacang ini dikemas dalam kardus, kacang yang ada di dalamnya dibungkus menggunakan plastik kedap udara. Sehingga kualitas dari segi rasa maupun kerenyahannya tetap terjaga, mulai dari proses produksi hingga kacang sampai pada konsumen. Biasanya kacang dikemas sudah dalam kondisi tanpa kulit, namun untuk kulit arinya masih ada.

Biasanya Kacang Rahayu dikemas dengan beberapa variasi yang berbeda, mulai dari 50 gram sampai kemasan 800 gram. Sedangkan untuk harganya juga bervariasi sesuai dengan beratnya, untuk ukuran terkecil dibandrol sekitar Rp. 7.000 dan yang paling besar sampai Rp. 100.000/ kemasan. Untuk mendapatkan barang yang asli, bisa mengunjungi kioasnya yang ada di Jl. Gatot Subroto Tengah yang biasanya buka dari jam 08.30 sampai jam 21.00 setiap hari. Selain di Gatsu, juga ada di Jl. Raya Tuban 58B, Kuta dan di Jl. Nusa Kambangan No 99Z , Denpasar, Bali.

 

(Lila, Agustus 2011)

Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Oleh2 Khas: Kacang Rahayu
  • Jam Buka: 08.30 – 21.00
  • Alamat Lokasi: Jl. Gatsu Tengah No. 59C, Denpasar (0361-410682)/ Jl. Nusa Kambangan No. 99Z , Denpasar (0361 – 225146)/ Jl. Raya Tuban 58B, Kuta

Share this product

new jimbaran


Copyright Wisata Kuliner 2011