Home Pusat Oleh-oleh Solo Roti Mandarijn – Orion

Roti Mandarijn – Orion

3.1/5 rating (10 votes)

Melewati kota Solo rasanya belum afdol jika tidak membeli oleh-oleh yang Solo banget, yaitu kue Mandarijn. Satu-satunya penjual kue Mandarijn ini adalah toko roti Orion yang sudah ada sejak tahun 1930 silam, cukup lampau sekali sebelum bangsa Indonesia merdeka. Most wanted banget buat oleh-oleh keluarga di rumah, maka saya langsung meluncur ke jalan Urip Sumoharjo 80 Solo.

Suasana ramai dan penuh sesak saya temui disini, maklum saja sedang hari libur Lebaran sehingga banyak orang yang meluangkan waktu untuk membeli oleh-oleh khas kota Solo ini. Di depan toko ini juga banyak terdapat pedagang kaki lima penjual karak berbagai merk yang juga cukup diminati. Toko Orion tidak hanya khusus menjual kue Mandarijn saja, tapi juga menjual aneka camilan, jajanan khas daerah Solo dan sekitarnya dan juga kue-kue kering.

Untuk kue Mandarijn-nya tersedia dalam tiga pilihan, yaitu : Mandarijn biasa, Mandarijn kismis dan Mandarijn special. Perbedaan antara kue Mandarijn biasa dan special adalah pada menteganya, yang Mandarijn special memakai mentega rumbotter sehingga lebih berasa. Sedangkan yang Mandarijn kismis berisi taburan kismis di dalam kuenya, harga dari ketiga kue Mandarijn ini pun juga tidak terlalu banyak berbeda. Kue Mandarijn ini sepintas mirip dengan kue lapis Surabaya dengan perpaduan antara kue lapis coklat dan kue lapis kuning yang disatukan dengan selai nanas yang manis. Hanya rasanya yang berbeda, jika digigit terasa sekali kelembutan dari kue ini. Mau mencoba kue Mandarin dari manapun tidak akan ada yang dapat menyamai rasa dari kue Mandarijn Orion. Kue Mandarijn juga tersedia dalam dua ukuran, ukuran kecil 16 x 18 cm atau kira-kira bisa 18 potong dan ukuran besar 28 x 30 cm.

Giliran membayar di kasir, saya harus bersabar dengan antrian yang lumayan panjang. Gimana enga menunggu lama jika satu orang bisa membeli kue Mandarijn hingga 10 bahkan 20 kotak. Pengunjung gemar membeli kue Mandarijn sebagai oleh-oleh karena masa kadaluarsanya yang cukup lama yaitu satu minggu.

 

(Sika, September 2011)

Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Oleh2 Khas: kue Mandarijn (Rp. 52.500 – Rp. 115.000)
  • Jam Buka: 07.30 – 20.00
  • Alamat Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo no. 80 Solo Telp. 0271 – 465214

Peta

Share this product

banner pia baliku okt
joglobali


Copyright Wisata Kuliner 2011