728x90_bali_bahasa indonesia
Home Tempat Makan Surabaya Bebek & Ayam Goreng Pak Qomar

Bebek & Ayam Goreng Pak Qomar

4.5/5 rating (2 votes)

Perjalanan kuliner di kota Pahlawan kurang lengkap kalau belum mencoba nasi bebeknya, karena kota ini memang terkenal dengan nasi bebeknya yang juara. Sehingga tak heran kalau mencari menu nasi bebek goreng sangat mudah didapatkan. Selain itu, juga muncul beberapa nama penjual bebek yang sudah sering terdengar di dunia kuliner, seperi bebek goreng Pak Qomar, bebek goreng Tugu Pahlawan, bebek goreng kayu tangan, bebek goreng HT, dan beberapa nama penjual bebek lainnya yang sudah dikenal hingga ke beberapa kota lain.

Ketika kami berada di kota Surabaya, kami singgah ke Depot Pak Qomar yang terkenal dengan bebek dan ayam gorengnya. Waktu kami datang, kelihatannya depotnya baru dibuka, karena pintunya belum dibuka semua. Daging bebek dan ayam sudah tertata rapi dengan jumlah yang menggunung di dalam etalasenya. Tapi beruntungnya, kami tidak perlu mengantri terlalu lama untuk menikmati ayam dan bebek gorengnya. Hanya dalam waktu kurang dari 10 menit, semua pesanan kami sudah tersaji di atas meja. Seporsi nasi bebek goreng dan nasi ayam goreng plus sambal disajikan bersama lalapan yang ditaruh dalam wadah terpisah.

Saat pertama melihat sajian nasi bebek dan nasi ayam ini, ada satu hal yang membuat Saya merasa aneh, yaitu bumbu yang mendampinginya. Di Depot Pak Qomar ini, kita akan mendapat tambahan bumbu kuning. Untuk menikmatinya, bumbu dan sambal ini dicampur menjadi satu, rasanya benar-benar unik dan juga lezat ketika berpadu dengan daging bebek dan nasi putih, meski sepertinya tidak pedas, tapi setelah disantap, pedasnya cukup berasa di lidah. Kalau ingin menambah lauk lain, kita bisa memesan seporsi hati ampela yang rasanya juga tidak kalah lezat, bumbunya benar-benar terasa dan meresap banget. Selain rasanya yang tidak mengecewakan, harganya juga cukup terjangkau, untuk seporsi nasi bebek goreng hanya dibandrol 10-11 ribu rupiah saja. Tak heran kalau pada jam-jam makan depot ini selalu ramai pengunjung.

Berdasarkan informasi yang tim wisatakuliner.com terima, ternyata Depot Pak Qomar ini sudah berdiri sejak tahun 1996-an. Dan sekarang ini, biasanya mereka membutuhkan sekitar ±140 ekor ayam dan ±90 ekor bebek untuk memenuhi keinginan para konsumennya, baik untuk makan ditempat maupun mereka yang memesan. Biasanya Depot Pak Qomar ini mulai melayani para pengunjungnya sekitar jam 9 pagi sampai jam 6 sore setiap hari, kecuali hari Jum’at.

 

(Lila, Desember 2011)

Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Menu Andalan: Bebek goreng & Ayam goreng (Rp 10.000 - Rp 11.000)
  • Jam Buka: 09.00 - 18.00
  • Alamat Lokasi: Jl. Raya Lontar No. 46, Surabaya Telp. 031-7417540, 77932777

Peta

Share this product

pia baliku banner


Copyright Wisata Kuliner 2011