728x90_bali_bahasa indonesia
Home Tempat Makan Blitar Es Mini

Es Mini

4.7/5 rating (3 votes)

Sesuai dengan namanya, rumah makan yang satu memang terkenal dengan es mininya. Meskipun disebut-sebut sebagai es mini, tapi kalau dilihat porsinya cukup besar, kalau pun dinikmati setelah makan pasti akan membuat kita semakin kekenyangan. Es ini terdiri dari ±15 jenis bahan dan buah-buahan yang ditata di dalam mangkuk ukuran sedang, kemudian ditambah dengan es serut dan kucuran susu kental manis cokelat. Untuk menikmatinya, kita harus mengaduknya terlebih dahulu agar esnya agak mencair. Sedangkan untuk bahan dan buah-buahannya sendiri ada alpukat, melon, nanas, kelengkeng, semangka, apel, durian, kolang-kaling, durian dan lain sebagainya. Dari semua bahan isian es mini, hanya ada satu bahan yang membuat Saya sedikit heran, yaitu ada penambahan tomat di dalamnya.

Es mini memang cocok untuk dinikmati di siang hari setelah jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di Blitar. Selain menyegarkan, kita juga akan mendapat kejutan rasa yang berbeda setiap menyantap potongan-potongan buahnya yang beraneka macam. Ketika Saya datang jam menunjukkan pukul setengah 2 siang, suasanya sangat ramai. Ruangannya yang cukup luas terlihat lebih sempit dengan banyaknya pengunjung yang memenuhi semua kursi di ruangan itu. Karena di lantai 1 penuh, Saya memutuskan untuk naik ke lantai dua. Ukurannya tidak terlalu besar dan sedikit agak gelap, ada beberapa piala terpajang di dalam almarinya. Karena merasa kurang nyaman berada di lantai 2, akhirnya Saya kembali turun berharap sudah ada kursi yang kosong.

Kebetulan waktu itu Bapak Anwar Sani sebagai pemilik rumah makan ini sedang tidak ada di tempat, tapi Saya sempat bertemu dengan Earlike salah satu putri Beliau. Bedasarkan informasi yang Saya terima, usaha ini mulai dirintis sekitar tahun 1975-an dengan menempati sebuah bangunan kecil berukuran 4x6 meter di jalan Kelud. Kemudian pada tahun 1997, warungnya pindah ke Jalan Wahidin 14A dengan menempati salah satu bangunan yang cukup besar hingga sekarang ini. Perkembangannya yang cukup pesat juga dapat dilihat dari beberapa piagam penghargaan yang diperoleh warung ini, piagam-piagam tersebut ditempel pada dinding lantai 1.

Selain es mini yang menjadi icon, rumah makan ini juga menyediakan variasi es lainnya dan menu makanan. Ada es gula asem, es rumput laut, es tomat susu, es kopyor, es teller, es aneka jus, ayam bumbu rujak, nasi rames, nasi rawon dan masih banyak lagi menu lainnya. Biasanya rumah makan ini mulai melayani para pengunjungnya mulai jam 7 pagi sampai jam 10 malam setiap hari.


Lila, Januari 2012
Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Specifications

  • Menu Andalan: Es Mini (Rp. 8.000)
  • Jam Buka: 07.00 - 22.00
  • Alamat Lokasi: Jl. Wahidin 14A, Blitar Telp. 0878.8007.6519

Peta

Share this product

new jimbaran


Copyright Wisata Kuliner 2011