728x90_bali_bahasa indonesia
Home Tempat Makan Pandaan Kepiting Cak Gundul

Kepiting Cak Gundul

2.0/5 rating (8 votes)

Kepiting, hewan yang satu ini pasti menjadi hewan favorite diantara para pecinta kuliner hidangan seafood. Oleh karena itu, tak heran kalau harganya relative lebih mahal jika dibandingkan dengan olahan seafood lainnya. Dan untuk dapat menikmati olahan kepiting ini juga tidak mudah, kita harus turun tangan untuk bisa mendapatkan setiap cuilan daging yang bersembunyi dibalik cangkangnya yang kokoh. Meskipun demikian, para pecinta olahan kepiting bukannya berkurang tapi justru bertambah dari waktu ke waktu.

Kalau Anda seorang pecinta kuliner kepiting, ada baiknya untuk menyempatkan waktu singgah ke Rumah Makan Kepiting Cak Gundul yang berpusat di Pandaan. Menempati sebuah bangunan di KM 48 Surabaya-Malang (Selatan PLN Pandaan), nama Kepiting Cak Gundul begitu tersohor di antara para pecinta olahan kepiting. Tidak hanya sekitaran Pandaan, Surabaya atau Malang saja, tapi sudah sampai ke Semarang, Jogja hingga Ibu Kota Jakarta. Karena Kepiting Cak Gundul sudah memiliki cabang di kota-kota tersebut.

Dari informasi yang telah terhimpun, usaha kepiting Cak Gundul ini bermula dari sebuah warung tenda pinggiran jalan sejak tahun 1992. Namun respon masyarakat yang begitu besar terhadap olahan kepitingnya hingga mampu melambungkan nama Kepiting Cak Gundul hingga ke beberapa kota besar di Indonesia seperti sekarang ini. Sesuai dengan nama yang tertera pada sign-boardnya, rumah makan ini menyajikan aneka olahan kepiting sebagai menu utamanya, ada asam manis, masak kare, masak mentega atau rebus bumbu.

Biasanya kepiting asam manis atau bumbu kare yang menjadi favorite para pengunjungnya. Meski demikian, kami memilih kepiting asam manis tapi yang pedas. Seporsi kepiting asam manis pedas tersaji dengan ukuran yang cukup besar, terlihat montok dalam balutan bumbu asam manis pedas yang kental dan melimpah. Dari tampilannya saja sudah sangat menggoda, ditambah dengan aromanya yang membuat perut semakin menjadi keroncongan. Ketika disantap, padat dan kenyalnya daging kepiting yang fresh ini membuat lidah tidak berhenti untuk terus menyantapnya hingga habis. Komposisi bumbunya pas, rasanya benar-benar nendang dan memuaskan. Sedangkan untuk menu pendampingnya bisa memilih kerang, udang atau olahan seafood lainnya.

Setelah menyantap sajian kepitingnya, tak heran kalau Kepiting Cak Gundul memiliki banyak pelanggan meskipun harganya tidak bisa dibilang murah. Untuk sajian kepiting di Rumah Makan Kepiting Cak Gundul dibandrol sesuai dengan ukurannya, mulai dari Rp 13.500 sampai Rp 27.000 untuk 100 gramnya. Sedangkan untuk satu porsi, tergantung berapa berat kepiting segar yang kita pilih sebelum diolah. Tapi kalau menurut kami, harga yang dibandol cukup seimbang dengan kelezatan yang kita dapatkan, apalagi di rumah makan ini juga berlaku system diskon. Biasanya Rumah Makan Kepiting Cak Gundul mulai melayani para pengunjungnya mulai dari jam 11siang sampai jam 11 malam lebih 15 menit. Tapi terkadang sebelum memasuki jam 11 malam, dagangannya sudah habis diserbu para pembeli.

Agustus 2012

Sumber foto : foursquare.com (wildan, karthik, hansen), panoramio.com (sugengrn)

Specifications

  • Menu Andalan: Kepiting Asam Manis (Rp. 13.500 - Rp 27.000/ 100 gram)
  • Jam Buka: 11.00 - 23.15
  • Alamat Lokasi: Jl. Surabaya-Malang KM 48 (Selatan PLN Pandaan), Pandaan Telp 0343 639989 Cabang : Surabaya (Jl. Raya Kupang, 031 7327544), Semarang (Ruko Atrium I Siliwangi, 0247 6632627), Jogja (Jl. Damai Gg Watu ke selatan 150m, 0274 885496), Jakarta (Jl. Raya Boulevard QJ.1 No. 31 Kelapa Gading, 021 4535570)

Peta

Share this product

new jimbaran


Copyright Wisata Kuliner 2011