Home Tempat Wisata Jawa Barat Taman Safari

Taman Safari

1.5/5 rating (2 votes)

Taman Safari Indonesia adalah taman yang diresmikan sebagai objek wisata nasional pada tanggal 16 Maret 1990 oleh Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi, Soesilo Soedarman dan diresmikan sebagai Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyul Harahap, Menteri Kehutanan pada masa itu, terletak di desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

 

Taman Safari Indonesia I dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan teh yang sudah tidak produktif. Taman ini menjadi penyangga Taman Nasional Ujung Gede Pangrango. Taman ini terletak pada ketinggian 900-1800 m diatas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16-24 derajat Celsius. Fungsi dari keberadaan TSI adalah: Ex-Situ Konservasi Situs, Pendidikan, Penelitian dan Rekreasi.

 

Taman Safari Indonesia juga telah banyak memperoleh penghargaan, diantaranya adalah :

  • 1989 - Wisata Obyek Nasional oleh Departemen Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi.
  • 1990 - Lembaga Konservasi Ex-Situ oleh Departemen Kehutanan
  • 1990 - PUSAT PENANGKARAN SATWA LANGKA INDONESIA
  • 2002 - Kalpataru oleh Presiden Republik Indonesia
  • 2004 – Inovasi Kepariwisataan Indonesia oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata
  • 2006 - Satya Lencana Pembangunan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia
  • 2008 - BINTANG JASA UTAMA oleh Presiden RI

Taman Safari memiliki koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia dan juga satwa lokal, seperti Komodo, Bison, Beruang Hitam Madu, harimau Putih, Gajah, Anoa, dan lain sebagainya. Selain itu fasilitas yang terdapat di Taman Safari Indonesia cukup banyak, yaitu bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, kolam renang dengan seluncur ombak, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, taman burung, baby zoo, kincir raksasa, gajah tunggang, kuda tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, children’s play ground, bom-bom car, rumah setan, kesenian tradisional, dan sulap di panggung terbuka Balai Ruyung Safari.

 

Taman Safari Indonesia sekarang telah berada di tiga lokasi, antara lain :

  1. Taman Safari Indonesia I berlokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak.
  2. Taman Safari Indonesia II terletak di lereng Gunung Arjuna, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.
  3. Taman Safari III di desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Provinsi Bali.

 

Akses menuju Taman Safari Indonesia

 

Lokasi Taman Safari Indonesia adalah di jalan raya antara Jakarta dan Bandung Jawa Barat. Hanya 80 km dari Soekarno - Hatta International Airport Jakarta atau sekitar 2 jam dengan kendaraan.Sedangkan dari Bandung, adalah 78 km atau 3 jam dengan mobil. Jika menggunakan angkutan umum/bus dari Jakarta atau Bandung, berhenti di Cisarua/Safari T-Intersection kemudian lanjutkan dengan Ojek (menyewa sepeda motor) atau Angkot (angkutan umum lokal) untuk mencapai Taman Safari Indonesia dalam 10 menit.

 

Jika Anda memilih untuk naik bus dari Jakarta, bisa menuju ke Stasiun Bus Kampung Rambutan di Jakarta Timur, atau dengan naik kereta api ke Bogor, kemudian transit untuk ganti dengan Angkot (Angkutan Umum) di Cisarua dan kemudian dilanjutkan dengan angkot mini ke Taman Safari Indonesia.

 

Dari Soekarno Hatta International Airport, Anda dapat mengambil Bus DAMRI langsung ke Kota Bogor kemudian transit ke angkutan umum Cianjur atau Cisarua. Berhenti di persimpangan Safari-T kemudian dilanjutkan dengan Ojek (menyewa sepeda motor) atau Angkot (angkutan umum local).

 

(Sika, April 2011)

 

Sumber : http://www.tamansafari.com, http://www.wikipedia.com

 

Sumber foto : berbagai sumber


Specifications

  • Tiket Masuk: Rp. 100.000 / orang
  • Jam Buka: 09:00 - 17:00
  • Alamat Lokasi: Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Peta

Share this product

joglobali


Copyright Wisata Kuliner 2011